Sunday, May 18, 2014

fungsi personalia

           FUNGSI PERSONALIA DALAM PERUSAHAAN
Manajemen sumber daya manusia adalah: serangkaian aktivitas organisasi yang diarahkan pada usaha untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan angkatan kerja yang efektif.
I. Perencannaan sumber daya manusia.
           melibatkan
           a. analisis pekerjaan
           b. perkiraan permintaan  
           c.   penawaran  tenaga kerja.

                          Analisa pekerjaan.
           yaitu analisis sistematis terhadap pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi.
Terdiri dari :
      - deskripsi pekerjaan (job discription), merincikan tugas-tugas beserta tanggung jawab suatu pekerjaan, lingkungan kerja, serta alat bahan, perlengkapan, dan informasi yang digunakan dalam melakukan pekerjaan tersebut.
      - spesifikasi pekerjaan (job spesification) merincikan ketrampilan, kemampuan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut secara efektif.
      b. Memperkirakan permintaan dan penawaran SDM.
      terdiri dari dua tugas:
      -meramalkan penawaran internal (internal supply), jumlah dan jenis karyawan yang akan berada di perusahaan pada satu waktu tertentu di masa mendatang.
      -meramalkan penawaran eksternal( exsternal supply), jumlah dan jenis orang akan tersedia bagi proses rekrutmen diri semua pasar tenaga kerja.
Gambar ( proses perencanaan sumber daya manusia), griffin hal 215.
      c. Bagan penggantian (replacement chart).
      daftar setiap posisi manajerial, siapa yang menduduki jabatan tersebut, berapa lama orang tersebut akan bekerja sebelum pindah ketempat lain, dan siapa yang saat ini memenuhi syarat sebagai penggantinya, tersedia pada sistem informasi karyawan.
      informasi mengenai pendidikan, ketrampilan, pengalaman kerja dan aspirasi kerja masing-masing karyawan.
II. Penyusunan staf dalam organisasi.
      mengidentifikasikan tugas-tugas yang berkaitan dengan penyusunan staf perusahaan dan membahas cara-cara yang digunakan perusahaan dalam menyeleksi mengembangkan, dan menilai kinerja karyawan. Diawali dengan proses mendapatkan staf dari luar perusahaan (exsternal staffing).
      maupun proses mempromosikan staf diri dalam perusahaan (internal staffing).
     
Penyusunan staf akan diawali dengan:
                         Rekrutmen sumber daya manusia. Yaitu proses menarik orang-orang yang memnuhi persyaratan untuk mengajukan lamaran atas pekerjaan yang belum terisi.
           - rekrutmen internal, mempertimbangkan karyawan yang ada sebagi kandidat bagi pekerjaan yang belum terisi.
      - Rekrutmen eksternal ( exsternal recruiting). Melibatkan usaha menarik orang-orang dari luar organisasi untuk melamar lowongan pekerjaan. Meliputi: pemasangan iklan,wawancara di kampus,badan-badan pencari tenaga kerja, rekruitmen serikat kerja, referensi dari karyawan yang sudah ada, dan rekrutmen walk-in atau gate-hire ( orang-orang yang datang tampa diseleksi terlebih dahulu).
      b. Menyeleksi sumber daya manusia.
        disesuaikan dengan analisa jabatan yang ada, misalnya diperlukan persyaratan fisik tertentu, kekuatan, besar badan, tinggi badan.
      tahap dalam seleksi:
      -formulir aplikasi, para kandidat diminta untuk mengisi formulir yang kosong, ini merupakan metode yang efisien untuk mengumpulkan informasi mengenai :
Pengalaman kerja pelamar, latar belakang pendidikan, dan data demografis terkait dengan pekerjaan lainnya. Formulir tersebut tidak boleh memuat pertanyaan diluar bidang yang tidak berkaitan dengan pekerjaan seperti: jenis kelamin, agama,  maupun negara asal,
      -Tes  terhadap kemampuan, ketrampilan, sikap, atau pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu.
- wawancara, agar jangan sampai terjadi penyimpangan wawancara harus dilakukan secara terstruktur,misalnya pertanyaan ditulis sebelumnya dan semua kandidat ditanyai dengan daftar pertanyaan yang sama.
III. Mengembangkan angkatan kerja.
        a. Pelatihan:
        - perlatihan saata bekerja (in the job trainning), terjadi sewaktu karyawan sedang bekerja,seperti penggunaan alat foto copy, dan penggunaan email dari komputer mereka.
        - pelatihan di luar tempat kerja (off the job trainning) berlangsung dilokasi yang jauh dari tempat kerja.
        - pelatihan simulasi (vestibule trainning)
      dilingkungan kerja buatan untuk  membuatpelatihan diluar tempat kerja lebih realistis.
b. Penilaian kinerja, evaluasi atas prestasi kerja karyawan dalam rangka menentukan sejauh mana karyawan melakukan pekerjaan secara effektif.
      proses penilain dimulai ketika standar kinerja  di tetapkan bagi seorang karyawan. Kemudian diobservasi kinerja karyawan gambar griffin hal. 220. 
IV. Kompensasi dan tunjangan.
        kompensasi, imbalan yang diberikan organisasi kepada individu sebagai balas jasa atas kesediaan mereka untuk melakukan berbagai pekerjaan dan tugas dalam organisasi.
      terdiri dari dua bentuk:
      a. Upah, kompensasi dalam bentuk upah yang dibayarkan berdasarkan waktu kerja.
      b. Gaji, dibayar untuk pemenuhan tanggung jawab pekerjaan,dan biasanya dibayar per th, atau per bulan.



No comments:

Post a Comment