Sunday, May 12, 2013

contoh soal BLK


1.Lembaga keuangan (Finacial Institution) adalh badan usaha yanng kekeyaannya terutama dalam bentuk aset keuangan atau tagihan (Claim) jelaskan apa yang dimaksud?
Jawab:  lembaga keuangan adalah lembaga Intermediasi atau lembaga perantara antara unit surplus dan unit deposit yang memerlukan modal , lembaga keuangan memberikan uang dalam bentuk pinjaman kepada unit deposit, maka lembaga keuangan ini akan mendapatkan piutang (tagihan) kepada unit yang deposit
2.fakto-faktor apa saja yang meningkatkan peran lembaga keuangan sebagai lembaga intermediasi  jelaskan pernyataan yang dimaksud?.
Jawab:
1.       Besarnya peninglatan pendapatan masyarakat kelas menengah yang akan  semakin banyak  menabung di lembaga keuangan.
2.       Besarnya dominasi instrumen keuangan menyebabkan sulitnya penabung kecil memperoleh akses.
3.       lembaga keuangan menjual jasa-jasa llikuiditas bagi nasabah.
4.       Resiko yanng lebih kecil pengawasan dan pengaturan pesatnya perkembangan ekonomi dan teknologi.
3.Apakah perbedaan lembaga keuangan bank dan lembaga keuanngan non Bank?.
 Jawab: Lembaga keuangan non Bank Tidak bisa memberikan pelayanan dalam bentuk  pembayaran Seperti transper antar Bank, karena Lembaga keuangan Non Bank hanya bergerak dalam bidang pembiayaan, Selain itu juga lembaga keuangan Non bank tidak bisa menciftakan uang.
4. Sebutkan danjelaskan kewenangan dari bank central di Indonesia?.
Jawab:
1.       Mengedarkan uang sekaligus mengatur jumlah uang yang beredar, bank central menyebarkan uang keBank-bank lain yang ada di Indonesia , dan juga mengontrol jumlah uang yang beredar supaya tidak terjadi Inflasi (uang yang beredar terlelu banyak).
2.       Mengatur dan mengawasi kegiatan perbankan, bank central harus mengawasi kegiatan Bank lain supaya kegiatan perbankan berjalan dengan lancar atnpa kendala-kendala yang merugikan.
3.       Mengembangkan Sistem pembayaran, bank central harus menciftakan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan cepat bagi para nasabah bank.
4.       Mengembangkan sitem perkreditan, Bank central harus mengembankan sistemperkreditan yang mudah persyaratannya tapi dengan pengwasan yang ketat supaya tidak terjadi kerugia, dengan cara seperti ini di harapkan perekonomian akan semakin maju dengan adanya sistem perkreditan yang merengsang perekomian masyarakat bawah.
5.Salah satu tugas utama bank central adalah pengendalian moneter, jelaskan pernyataan dimaksud?
Jawab : bank central menjaga keseetabilan harga atau pertumbuhan ekonomi, mengatur  jumlah uang yang beredar di masyaraka supaya tidak terjaadi inflasi.
6.salah satu fungsi pokok bank umum adalah menciftakan uang, jelaskan yang dimaksud dengan menciftakan uang tersebut?.
Jawab :  yang dimaksud dengan menciftakan  uang adalah menciftakan uang giral yaitu nasabah yang menabung lalu ia mendapatkan rekeninng koran selanjutnya ia akan buku cek atau giro bilyet untuk mencairkan uangnya tersebut yang di tabu nng di bank.
7.Mengapa Bank umum disebu t sebagai pencifta uanng giral (BPUG) jelaaskan dan bagaimana terjadinya uang giral tersebut?.
Jawab : Ini bermula pada saat nasabah menabung di bank dan memilih giro, lalu ia akan mendapatkan rekning giro setelh itu ia akan mendapat  buku cek atau giro bilyet untuk mencairkan tabungan teersebut, Disebut sebagai pencipta uang giral adalah Bank umum menerima simpana dalam bentuk giro.
8.Dalam mengdakan kegiatan usahanya bank akan menghadapi resiko sebutkan dan jelaskan resiko-resiko dalamkegiatan usaha bank (min 4 resiko).
Jawab:  
1.       Resiko kredit, Bank harus slektif dalam memilih nasabah yang akan menngajukan kredit agar perjalanan penyetorannya tidak terjadi hal-hal yang kurang di inginka (macet dll)
2.       Resiko pasar, bank harus mampu memehami permintaan dan selera pasar, agar banyak nasabah yang tertarik dan berminat untuk menabung.
3.       Resiko reputasi Bank harus mampu menjaga reputasi atau nama baik Bank itu sendiri supaya bank tersebut tetap eksis dan tetap di percaya nasabah
4.       Resiko strategik, Bank harus mampu menerapkan strategi-strategi yang pas, tepat, dan tearah. Untuk mencapai kelancaran dalam perjalana itu, apabila strategi yang di pakai salah maka hal ini akan menghambat kelancaran bank tersebut
9.Institusi perbankan dalam menjalankan kegiatannya mengandung resiko valuta asing, jelaskan resiko yang dimaksud?.
Jawab : Bank yang mempunyai resikko valuta asing adalah bank umum yang bertransaksi  dengan meenggunaka valuta asing, karena valuta asing dapat berubah sesuai dengan tingkat suku bunga atau nilai tukar valuta asing tersebut.
10.Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penghipunan dana Bank?
Jawab:
1.        Kepercayaan masyarakat terhadap bank,  Bank ahrus meyakinkan kepada nasabahnya bahwasanya uang yang mereka tabung di Bank tersebut aman.
2.       Ekspektasi pendapatan yang akan di terima oleh penabung, bank harus membedakan timbal balik kepada para penabung karena telah mengelola uangnya kepada bank tersebut, dan bank harus menambahkan bunga yang baik kepada para penabung.
3.       Pelayanan yang baik dari pihak Bank, Bank harusmmberikan pelayanan yang baik kepada para nasabah , karena dengan pelayanan yang baik akan berdampak positip yaitu akan mampu menarik nasabah-nasabah lebih banyaak lagi yang menabung ke Bank tersebut
11.faktor-faktor yang mempengaruhi penghimpunan dana adalah kepercayaan masyarakat terhadap bank dan ekspektasi pendapatan yang akan di terima oleh penabung dibanding dengan alternative investasi lainya dengan tingkat resiko yang sama, jelaskan kedua pernyataan di maksud?
Jawab : kedua pernyataan ini adalah faktor yang terdepan dalam kegiatan  penghimpunan dana oleh Bank, bank harus bisa dan harus selalu mampu  memberika bunga yang baik bagi nasabahnya dengan resiko yang relatif kecil, dan Bank harus bisa meyakinkan kepada masyarakat bahwa bank sanggup menjamin keamanan simpanan uang tersebut.
12.Bank yang ada di indonesia menurut UU No.10 th 1998 adalh bank umum dan Bank perkreditan rakyat , Jelaskan kedua bank dimaksud?.
Jawab :
1.       Bank umum, bank yang melakukan kegiatanya secara konvesional atau syariah yang dalam kegiatanya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
2.       Bank perkreditan rakyat, bank yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan tidak memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.
13.sebutkan dan jelaskan tujuan pendirian BPR !
Jawab : Untuk menunjang pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahtraan rakyat banyak. Dengan adanya BPR diharapkan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi  masyarakat lemah yang ada di pedesaan dalam rangka meningkatkan tarap hidup, ddan peningkatan pendapatan per kapita.
14.Mengapa BPR dikatakan sebagai Bank yang tidak dapat menciftakan uang , jelaskan apa yang dimaksud dengan menciftakan uang tersebut?.
Jawab : Dalam istilah dapat menciftakan uang adalah menciftaka uang giral, dan penciftaan uang tersebut hanya bisa dilakukan oleh bank umum saja karena bank umum menerima simpanan dalam bentuk giro, sedangkan BPR tidak menerima tabungan dalam bentuk giro maka BPr tidak bisa menciftaka uang giral 9tidak bisa menciftaka uang),karena BPR menjalankan usahanya hanya dalam bentuk simpanan saja, dan tidak bisa memberikan jasa dalam lalulintas penbayaran.
15.Jelaskan latar belakang adanya Bank-bank  syariah?
Jawab :  karena banyaknya umat Islam,dan dalam ajaran Islam mengharamkan sistem bunga, selain itu bank syariah tahan terhadap krisis karena sistemnya bagi hasil yang tidak memberatkan kepada para peminjam dana,  selain itu tidak ada agama yang mergukan keabsahan bagi hasil
16.Sebutkan dan jelaskan  perbedaan BPR dan Bank umum dalam kegiatan uasahanya?
Jawab : BPR , tidak dapt menciftakan uang giral, tidak bisa memberikan jassa ddalam bentuk lalulintaas pembayaran Sedangkan Bank Umum dapt menciftakan uang giral, dapat bertransaksi dalam bentuk valuta asing, dapat melakukan kegiatan asuransi.
17. Terdapat dua bank yang dapat menciftakan uang di Indonesia, sebutkan dan jelaskan bank yang dimaksud?.
Jawab :
1.       Bank central, bank ini menciftakan uang kartal di ini indonesia atau bank ini di sebut juga dengan nama BI (Bank Indonesia),
2.       Bank umum, bank ini menciftaka uang giral
18.Tujuan pendirian BPR salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan jasa pembayaran perbankan bagi masyarakat pedesaan sebutkan dan jelaskan tiga tujuan lainya?.
Jawab :
1.       Memberikan sumber permodalan bagi pengembangan usaha masyarakat golongan ekonomi lemah,  yaitu bank memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan skala yang lebih kecil jadi masyarakat kelas bawah pun mampu meminjam dana untuk pengembangan usahanya.
2.       Meningkatkan lapangan kerja di tingkat kecamatan sehingga dapat menggurangi arus urbanisasi, Dengan adanya pinjaman yang dapat terjangkau oleh kalangan bawah di sinilah maka akan terbuka usaha-usaha kecil dan menengah yang tumbuh.
3.       Membina kegiatan ekonomi dalam rangka peningkatan pendapatan perkapita, BPR bertujuan membina masyarakat pedesaan dalam menjalankan ekonomi setelah perekonomian tersusun dan berjalan baik maka otomatis pendapatan perkapita negara pun akan ikutan naik ke arah yang baik.
19.Bank syariah adalah bank yang beredasarkan Al-qur’an dan Hadits apa hanya orang islam saja yang dapat menjadi nasabah/ berinteraksi dengan bank syariah, Jelaskan?.
Jawab : Dalam bank syariah tidak hanya orang islam yang boleh menjadi nasabahnya tetapi orang non islam pun boleh menjadi nasabah bank syariah ini, karna dalam bank syariah hanya sistemnya yang berdasarkan Al-qur’qn dan Hadits tetapi kalau soal nasabah semua agama pun boleh, karena bank syariah di persemabahkan universal, dan itu tetbukti dengan banyaknya nasabah non islam di bank syariah sekarang ini.
20.Jelaskan apa yang menjadi latar belakang pesatnya perkembangan Bank syariah di Indonesia?.
Jawab : karena di Indonesia mayoritas penduduknya orang Islam , dan dalam Islam mengharamkan sistem bunga maka banyak sekali nasabah yang berboyong-boyong menabung dan meminjam di bank syariah yang memakai sitem bagi hasi ini. Selain itu sistem bagi hasil ini juga tahan terhadap krisis, tetapi tidak hanya orang islam yang boleh menjadi nasabah bank syariah non islam pun boleh, menjadi nasabahnya
21. Nn.rita menempatkan dana nya dalam bentuk simpanan berjangka di BMI Rp4000.000 jangka waktu 1 tahun, proporsi bagi hasil 55%:45% apabila total dana deposit BMI Rp5000.000 dan keuntungan hasil pengembangan dana tersebut dalam jangka waktu 1  tahun ybs Rp60.000.000 maka penghitungan bagi hasil Nn.Rita pada saat jatuh tempo adalah?.
Jawab :  (4000.000 : 60.000.000)x 5000.000x45% =150.000


No comments:

Post a Comment